Tupoksi Sekretariat

SEKRETARIAT

Tugas pokok Sekretariat adalah melaksanakan sebagaian tugas Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan di bidang ketatausahaan administrasi umum, keuangan, kepegawaian, penyusunan program dan  pelaporan serta tata usaha perlengkapan.

Dalam melaksanakan tugas pokok,  Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Pelaksana koordinasi Pengumpulan data dan informasi dalam rangka Penyusunan Kebijakan teknis dan operasional Dinas;
  2. Pelaksana koordinasi pelaksanaan tugas-tugas organisasi Dinas;
  3. Pengumpulan data dan informasi dalam rangka penyusunan Program Kerja, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Dinas.
  4. Pengelolaan administrasi Kepegawaian, pelaksanaan pembinaan, peningkatan disiplin dan pengembangan karier serta upaya peningkatan kesejahteraan pegawai;
  5. Penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran, Pelaksanaan Penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggung jawaban keuangan
  6. Pelaksanaan urusan administrasi umum, rumah tangga/ keprotokolan dan perlengkapan, ketatalaksanaan (surat menyurat) dan kearsipan;
  7. Penyusunan Standar Pelayanan Minimal lingkup Unit Kerja;
  8. Penyiapan data dan informasi kepustakaan, pelaksanaan hubungan masyarakat dan inventarisasi asset;
  9. Pelaksanaan koordinasi kegiatan dengan instansi terkait, perangkat daerah dan pihak ketiga;
  10. Pelaksanaan sistem Pengawasan Melekat;
  11. Penyusunan dan pelaksanaan sistem informasi lingkup Dinas;
  12. Pelaksanaan kebersihan, keindahan dan keamanan kantor;
  13. Pelaksanaan penanganan pengaduan masyarakat.

Sub Bagian Umum, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan data dan informasi guna penyusunan kebijakan teknis dan operasional;
  2. Melaksanakan administrasi Kepegawaian, melaksanakan pembinaan, peningkatan disiplin dan pengembangan karier serta upaya peningkatan kesejahteraan pegawai;
  3. Melaksanakan urusan administrasi umum, rumah tangga/ keprotokolan, perjalanan dinas dan perlengkapan, ketatalaksanaan (surat menyurat) dan kearsipan;
  4. Menyusun Standart Pelayanan Minimal Dinas;
  5. Menyusun rencana dan melaksanakan keindahan, kebersihan dan keamanan kantor;
  6. Melaksanakan kegiatan pengawasan melekat dalam lingkup SKPD.
  7. Menyusun rencana kebutuhan barang, mengatur dan mengelola barang-barang inventaris kantor;
  8. Melaksanakan kegiatan kehumasan dan kepustakaan Dinas;
  9. Menangani pengaduan masyarakat terkait dengan pelaksanaaan tugas;
  10. Membantu sekretaris dalam melaksanakan koordinasi terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi dan tata laksana aparatur.

Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan penatausahaan keuangan, meliputi pengelolaan anggaran, penyusunan neraca, pelaksanaan akuntansi/pembukuan, pertanggung-jawaban dan verifikasi serta penyusunan perhitungan anggaran;
  2. Melaksanakan pengurusan biaya perjalanan dinas, perpindahan pegawai dan ganti rugi, gaji pegawai dan pembayaran hak-hak keuangan lainnya;
  3. Menyusun, melaksanakan dan mempertanggungjawaban anggaran Dinas;
  4. Melaksanakan upaya peningkatan kesejahteraan pegawai.

Sub Bagian Penyusunan Program dan Pelaporan, mempunyai tugas :

  1. Menghimpun, mengolah, mengkaji dan meneliti data dalam rangka penyusunan rencana program dan anggaran;
  2. Melaksanakan kegiatan perencanaan dan penyusunan dokumen pembangunan bidang Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan;
  3. Melaksanakan koordinasi perencanaan program, kegiatan dan anggaran bidang Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan unit terkait dalam rangka analisis dan penilaian pelaksanaan program dan anggaran;
  5. Melaksanakan kebijakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan;
  6. Mengkoordinir dan evaluasi pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Cipta Karya, Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan;
  7. Melaksanakan pembuatan umpan balik hasil penyusunan dan penetapan anggaran guna perencanaan program dan anggaran untuk tahun berikutnya;
  8. Mengelola, mengembangkan data dan Sistem Informasi lingkup Dinas;
  9. Melaksanakan supervisi, pelaporan, evaluasi dan monitoring pelaksanaan tugas.